Kamis, 01 Maret 2012

Merawat Clodi gAMPANG kOG...

Merawat Clodi

Seberapa lama clodi bertahan?Pertanyaan ini kerap ditanyakan, Jawabannya tentu saja tergantung dari bagaimana kita merawat clodi. Dengan perawatan yang baik, tentu saja clodi akan terus berfungsi baik, bahkan dapat diwariskan kepada adik si bayi kelak.
Perawatan clodi dimulai dari bagaimana mencuci clodi.
1.        Saat pertama kali memiliki clodi lakukan prewash.
2.        Pilihlah deterjen yang tidak mengandung bahan pemutih atau pelembut. Dan gunakan takaran setengah dari saran   pencucian yang disyaratkan deterjen.
3.        Untuk clodi model velcro, sebelum mencuci tempelkan Velcro pada tab. Ini penting dilakukan agar Velcro tidak rusak saat pencucian, yang berarti memperpanjang usia Velcro.
4.        Buang kotoran (noda pup) yang melekat dengan cara menyiramkan air.
5.        Pencucian bisa dilakukan secara manual atau menggunakan mesin cuci. Hindari menggunakan sikat pada proses pencucian. Sebisa mungkin pastikan bahwa proses pencucian tidak menyisahkan deterjen.
6.        Hindari mencuci menggunakan air panas terutama untuk outer berbahan PUL. Sebaiknya gunakan air biasa atau suam-suam kuku.
7.        Penjemuran menggunakan sinar matahari langsung lebih disarankan kerena kering lebih maksimal.
8.        Jika daya kerja clodi mulai menurun, biasanya ditandai dengan seringnya bocor dan clodi berbau pesing dan apek, maka sgera Lakukan proses stripping. Atau lakukan stripping minimal 3 bulan sekali.

Apa yang harus saya lakukan dengan clodi baru?
Seperti halnya ketika membeli baju baru, tentu saja kita tidak boleh langsung mengenakannya pada si kecil. Kita harus melakukan prewash terlebih dahulu, yaitu mencucinya sebelum digunakan.
Prewash bisa dilakukan dengan mencuci menggunakan tangan atau menggunakan mesin cuci. Berbeda dengan pakaian biasa yang cukup dicuci sekali, prewash pada cloth diaper sebaiknya dilakukan minimal 3 kali (cuci – kering – cuci – kering- cuci – kering – pakai).
Tujuan dilakukannya prewash adalah menghilangkan lapisan finishing pada proses pembuatan atau proses pengepakan. Selain membuat cloth diapers lebih sehat, penghilangan lapisan finishing ini juga menambah daya serap cloth diapers dan noda pup lebih mudah terangkat sehingga manfaat clodi bisa maksimal.

Kapan si kecil bisa menggunakan clodi?
Beberapa clodi sudah muat untuk bayi dengan berat 4 kg. Atau setidaknya bayi berusia 1-2 bulan, karena biasanya bayi newborn (0-1 bulan) masih menggunakan popok kain tipe flat. Selain karena biasanya bobotnya yang masih kecil, juga frekuensi pipis dan pupnya yang sering banget…jadi msh sayang klo dipakein clodi.

Stripping Clodi


Kapan sih saatnya kita harus stripping clodi:
  • Jika bau clodi nya masih pesing, apalagi setelah di cuci.
  • Daya serapnya mulai gak bagus. Mulai bocor dimana-mana.
  • Bayi terkena diaper rash ketika pakai clodi
Penyebab performance clodi turun biasanya residu deterjen yang terus menumpuk. Biasanya karena deterjen berlebihan dipakai saat mencuci clodi, atau pas membilas kurang bersih. Tapi ya memang idealnya pada suatu waktu performance nya clodi akan mengalami kemunduran, dan harus di stripping untuk mengembalikan performance nya.
Cara stripping clodi gampang banget ko, intinya rendam clodi-clodi itu dengan air mendidih (panas buangeet). Ini dia langkah-langkahnya.
  1. Cuci clodi seperti biasa. Tapi karena mau di stripping gak usah di keringkan, toh bakal dibasahin lagi.
  2. Panaskan air sampai mendidih. Begitu mendidih, langsung tuang airnya ke dalam ember berisi clodi-clodi itu.
  3. Diamkan sampai 15-20 menit, buang air nya kemudian lakukan kembali kegiatan nomor (2) dan (3).
  4. Setelah itu keringkan clodi di bawah sinar matahari.


dARI BERBAGAI sUMBER..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar