Rabu, 14 Desember 2011

Berapa Banyak Clodi yang Dibutuhkan?

Berapa Banyak Clodi yang Dibutuhkan?

Biasanya pertanyaan yang paling sering dilontarkan saat mau mencoba clodi adalah: Berapa banyak yang harus disediakan?
At least itu yang saya alami dulu. Saya coba jawab untuk pertanyaan yang pertama, “Berapa banyak yang harus disediakan”.
Setelah kurang lebih 7 bulan menggunakan clodi, bagi Nara (1 tahun), kira-kira ini yang bisa saya simpulkan tentang jumlah minimal clodi yang dibutuhkan:
1. Bergantung pada cara penggunaannya.
Maksudnya begini, kebutuhan clodi bagi bayi yang mengenakan clodi sepanjang hari tentu berbeda dengan kebutuhan clodi bagi bayi yang mengenakan clodi hanya pada malam hari. Umumnya saat ini Nara menggunakan clodi sepanjang hari, tanpa bantuan disposable diaper kecuali pada saat clodi belum kering atau saat kita bepergian ke tempat yang tidak ada fasilitas untuk mencuci clodi. Biasanya clodi diganti setiap 3-4 jam (kecuali saat tidur malam) dan dalam satu hari membutuhkan 5 clodi.
2. Bergantung pada selang waktu pencuciannya
Ada orang yang mencuci clodi setiap hari, ada yang mencuci dua hari sekali dan ada yang mencuci beberapa kali dalam sehari. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh dalam menentukan jumlah clodi yang dibutuhkan karena semakin jarang mencuci berarti semakin banyak cadangan clodi yang harus dimiliki.
Jumlah minimal clodi yang dibutuhkan sama dengan jumlah clodi yang digunakan dalam satu periode pencucian + clodi yang digunakan selama selang waktu pencucian. Berarti, untuk pola pemakaian dan pencucian yang saya terapkan, saya membutuhkan clodi sebanyak 5 + 5 = 10. Kalau waktu pencucian saya geser jadi 2 hari sekali, berarti saya akan membutuhkan clodi sebanyak 5 + (2 X 5) = 15. Selain jumlah minimal di atas, akan lebih baik kalau kita juga menyediakan clodi “cadangan” yang sangat membantu kalau matahari sedang kurang bersahabat dan clodi tidak kering. Jumlahnya terserah tiap orang (dan tergantung budget). Tapi hal ini optional karena kemungkinan besar tidak akan dipakai secara rutin (lebih banyak menganggur di lemari).
sumber :www.theurbanmama.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar